Berbagai Jenis Makanan sebagai Biang kolestrol

Jakarta – Punya masalah dengan kadar kolesterol? Udang, cumi dan ikan yang lezat mungkin selalu Anda hindari. Meskipun rasanya gurih enak, seafood sering menjadi ‘tersangka’ penyebab naiknya kadar kolesterol darah. Tetapi apakah memang benar seafood jadi pemicu kolesterol darah?

Banyak orang yang memiliki kadar kolesterol darah cukup tinggi mulai meninggalkan seafood. Padahal beragam jenis seafood rasanya sangat enak, dan kaya akan sejumlah mineral penting. Seafood sudah lama dijuluki sebagai pemicu kadar kolesterol darah.

Di dalam tubuh manusia ada 2 tipe kolesterol. LDL (low Density Lipoprotein) yang merupakan kolesterol ‘jahat’ yang bisa menyumbat pembuluh darah. HDL (High Density Lipoprotein), kolesterol ‘baik’ yang membantu menggempur kolesterol ‘jahat’.

Secara alami kolesterol dibuat oleh tubuh dan diperlukan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Diantaranya menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan memproduksi hormon esensial. Ketidakseimbangan terjadi apabila kita mengkonsumsi banyak makanan kurang sehat yang memicu tubuh memproduksi kolesterol ‘jahat’ lebih banyak. Akibat dan resikonya adalah penyakit jantung.

Beberapa jenis makanan dikenal sebagai biang kolesterol seperti telur, kerang-kerangan dan jenis seafood lainnya. Padahal sebenarnya makanan tersebut memberi dampak sangat kecil pada kadar kolesterol darah.

Konsumsi lemak jenis dan trans dalam makanan lain justru lebih cepat dan lebih banyak memicu kadar kolesterol ‘jahat’ dalam darah. Dengan kata lain konsumsi lemak hewan, minyak kelapa dan lemak trans lebih berbahaya dari pada makan seafood.

Kerang-kerangan sebenarnya hanya mengandung sedikit koleterol, sekitar 25 mg (untuk ½ mangkuk kerang rebus), 150 mg (untuk ½ mangkuk udang rebus) dan 200 mg untuk 1 butir telur sedang. Jadi konsumsi maknaan gorengan, atau makanan yang diproses dengan lemak trans akan memicu jumlah kadar kolesterol jahat lebih tinggi. Karena itu lebih makan makan udang rebus, cumi bakar atau ikan bakar dalam porsi sedang.

Sumber : detikfood
Lihat juga :
Nelayan resto
Sushi tei
Tamani

Tinggalkan komentar