Terampil Bikin Sushi Sendiri

Jakarta – Makanan sehat asal negeri sakura ini ternyata tak hanya asyik disantap tapi juga seru untuk dibuat di rumah. Apalagi untuk Anda pencinta sushi, bisa sekaligus bereksperimen membuat sushi bersama keluarga. Semua rahasia dalam membuatnya dikupas di sini. Penasaran?

Makan sushi sepertinya sudah menjadi gaya hidup masyarakat Jakarta. Resto-resto sushi pun mulai menjamur. Mulai dari yang eksklusif hingga yang relatif lebih ekonomis di kantong. Kalau Anda mengaku penggila sushi dan dalam seminggu lebih dari tiga kali berkunjung ke resto sushi, mungkin Anda bisa mulai membuatnya sendiri di rumah.

‘The Complete Book of Sushi’ adalah buku panduan dasar untuk Anda yang ingin membuat sushi. Dasar-dasar pengetahuan seputar sushi dibahas di sini. Mulai dari mempersiapkan bahan, peralatan, bumbu, hingga pelengkap yang wajib disajikan bersama dengan sushi. Jenis sushi pun sudah mengalami banyak perkembangan, tidak hanya tradisional sushi yang bisa Anda pelajari tapi juga sushi roll, dan juga sushi dalam bentuk penyajian lainnya.

Di halaman 22 Anda akan diajak berkenalan dengan jenis-jenis peralatan dalam membuat sushi. Diantaranya Makisu – tikar bambu yang digunakan untuk menggulung sushi, pisau khusus meotong ikan, sumpit, piring sushi, wadah shoyu, dan cetakan untuk membuat garnish. Cara mengasah pisau dan membersihkan pisau sushi juga penting untuk diperhatikan. Di sini pun dijelaskan tahapan-tahapan dalam merawatnya.

Sushi terkenal akan kesegaran bahan-bahan yang digunakan. Nah, di buku ini juga dikupas tentang bahan-bahan dasar yang biasanya selalu digunakan dalam membuat sushi. Seperti alpukat, katsuo boshi, jamur enoki, wortel, miso, nori, gari, wasabi, mirin, dan lain-lain.

Jenis-jenis sushi yang bisa Anda coba buat diantaranya California Rolls yang selalu ada di setiap sushi resto, vegetarian sushi, Futomaki Sushi, Pin Wheel Sushi Rolls. Selain menggunakan nasi, ternyata sushi juga bisa dibuat dengan menggunakan soba, mi khas Jepang. Seperti Somen Noodle Sushi, Soba Noodle Sushi, Green Tea Soba and Pistachio.

Selain sushi, buku setebal 235 halaman ini juga menyisipkan beberapa jenis sajian sashimi yang tak kalah enaknya. Cara menghias sajian sushi turut dibeberkan agar tampilan sushi yang Anda buat semakin menarik.

Jika Anda seringkali gagal dalam membuat tempura, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa intip cara membuat ebi tempura dan juga tempura sushi roll di halaman 122. Tak hanya tips tertulis saja yang disajikan, beberapa gambar menarik dalam tahap-tahap pembuatannya pun turut disisipkan.

Nah, jika Anda masih memiliki waktu cuti, boleh juga mencoba belajar membuat berbagai macam sushi ini di rumah bersama keluarga Anda. Selamat mencoba!

Sumber : detikfood
Lihat juga :
Sushi tei
Nelayan resto
Laguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s