Bukan Kopi Tapi Cola, Biang Hipertensi Pada Wanita

Seorang wanita tidak akan terkena tekanan darah tinggi hanya karena memiliki kebiasaan minum kopi secara rutin. Sebaliknya, ada hubungan antara penyakit hipertensi inidenganmengkonsumsi minuman bersoda atau coladan mungkin tidak ada kaitannya dengan kafein, demikian hasil sebuah penelitian.

“Kami menemukan bukti kuat untuk menyangkal spekulasi bahwa kebiasaanminum kopi berhubungan dengan meningkatnya resiko hipertensi pada wanita,” tulis penelitinya Wolfgang Winkelmayer dari Brigham and Womens Hospital dan Harvard School of Public Health.

Kesimpulan ini bertolak belakang dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnyayang menyatakan adanya hubungan antara mengkonsumsi kopi danresiko hipertensi. Tapi, saat itu para peneliti menyimpulkan bahwa tubuh manusiamasih dapat menerima dua atau tiga cangkir kopi dalam sehari.

Nah, dalam penelitian ini tidak ditemukan hubungan antara kebiasaan minum kopi dan hipertensi. Analisisnya dilakukan terhadap 33.077 kasus tekanan darah tinggi selama 12 tahun di antara 155.594 wanita yang berpartisipasi dalam penelitian bertajuk Nurses Health Study yang dijalankan atas kerjasama pihak RS dan universitas.

Meskipun demikian,justru ditemukan hubungan antara hipertensi dengan mengkonsumsi cola yang mengandung kafein, tanpa memperhitungkan apakah mengandung gula atau tidak. Dalam penelitian ini juga tidak diteliti pengaruh minuman ringan selain cola.

“Kami menduga bukan kafein tapi mungkin senyawa lain dalam minuman ringan bersoda yang mungkin menyebabkan peningkatan resiko hipertensi,” demikian dinyatakan para peneliti dalam makalah yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association.

Sekitar 50 juta penduduk AS menderita hipertensi dan jumlahnya terus bertambah. Perubahan kondisi kesehatan tubuhseperti iniakan meningkatkan resiko penyakit hati, stroke, dan masalah pada ginjal.

Sumber     : klipping
Lihat juga :
The cafe
Starbucks
Coffee bean

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s