Kopi Aroma, the Koffie Legend

Bila Anda penikmat coffee, maka Anda pasti mengetahui kriteria kopi yang baik itu seperti apa. Di kota Bandung, pabrik coffee Aroma bukanlah nama yang asing bagi pecinta kopi sejati, bahkan tidak berlebihan bila disebut legendaris. Pasalnya kopi Aroma ini sudah memiliki penggemar bukan hanya dari Indonesia tapi juga dari berbagai belahan dunia, karena sudah berpuluh-puluh tahun kopi Aroma menjadi pemasok kopi bagi hotel-hotel ternama di manca Negara. Maka bila Anda berkunjung ke Aroma, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan konsumen dari negara asing.

Perusahaan kopi yang kini ditangani Widyapratama itu sudah ada sejak tahun 1930 yang didirikan oleh Ayahnya, Tan Houw Sian. Perusahaan ini mengolah kopi langsung dari tangan petani di Aceh, Lampung, hingga Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur yang sudah menjadi langganannya dan mempunyai tradisi untuk menyimpan dulu kopinya selama beberapa tahun sebelum diolah agar kualitas kopi semakin baik.

Gudang kopi, pabrik, dan tokonya terletak di di Jalan Banceuy, Bandung. Kopi Aroma sejak dulu hingga kini tetap mempertahankan ciri khasnya, klasik. Mulai dari mesin pemanggang, mesin pemilah biji kopi, mesin penggiling, toples-toples tua, hingga bungkus kemasan kopi yang teksnya masih menggunakan ejaan lama. Bisa dilihat di foto dibawah, bangunan pabrik kopi ini bisa dipastikan memberi sumbangan terhadap Kota Bandung yang menjadi salah satu dari 10 kota dengan arsitektur art deco terbaik di dunia.

Selain bangunan baik luar maupun dalam yang tak pernah berubah sejak dulu, kopi Aroma memiliki satu hal yang menjadi kelebihan utamanya, yaitu rasa nya. Kopi Aroma adalah salah satu kopi terbaik yang ada saat ini. Ada dua jenis cofee di Aroma, yaitu Robusta dan Arabika. Pak Widya akan meracik kopi sesuai permintaan konsumen. Jika Anda ingin bertahan untuk tetap terjaga dan bekerja, Pak Widya akan meramukan kopi robusta yang berusia 2 tahun. Namun jika Anda menginginkan kopi robusta yang lebih ringan, Pak Widya akan meracikkan kopi yang berusia 8 tahun. Sedangkan kopi arabika adlah kopi yang cocok diminum ketika anda sedang santai, rileks, dan happy.

BIla Anda pecinta kopi dan mempunyai hobi ngopi di starbucks, embargo, dan kedai kopi modern lainnya, sempatkanlah berkunjung ke Bandung untuk membeli kopi Aroma. Pak Widya yang juga berprofesi sebagai dosen di Unpad ini akan menyambut Anda dengan keramahannya dan juga aroma khas dari Kopi Aroma yang bila diseduh memiliki cita rasa kelas dunia. Jangan lupa juga dengan saran penyajian yang tertulis di kemasan kopi Aroma agar kenikmatan coffee Aroma bisa anda nikmati dengan lebih sempurna.

Maoe minoem coffee selamanja enak?

Aromanja dan rasanja tinggal tetep,

kaloe ini koffie soeda di boeka dari kantongnja

harep dipindahken di stopfles atawa di blik jang tertoetoep rapet.

Djangan tinggal di kantong!

Sadur       : urbanesia
Lihat juga :
the cafe
coffee bean
starbucks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s