Makan Sop Buntut Sambil Baca Buku di Kafe ZOE

JALAN Margonda Depok di kala akhir pekan, lalu lintas hampir selalu padat terutama menjelang malam. Di saat seperti ini, Anda pasti ingin sejenak singgah di tempat yang nyaman dan santai. Jika benar demikian, cobalah mampir ke Kafe ZOE.

Kafe yang mempunyai nama panjang Zone of Edutainment ini mudah sekali ditemukan. Dari arah Jakarta, kafe yang memadukan rumah makan dan perpustakaan dengan suasana taman ini berada di sepanjang sisi kiri jalan.

Pertama kali menginjakkan kaki di kafe ini, Anda akan disambut suasana yang berbeda dengan apa yang Anda alami di jalan raya. Lampu-lampu berwarna kuning diantara taman kecil yang cukup rimbun menghadirkan suasana yang cozy.

Di sini, Anda bebas memilih ingin bersantai di ruang dalam, teras, ataupun di lantai dua. Sebagai rekomendasi, cobalah memilih tempat di bagian teras. Dari sini, Anda bisa melihat lalu-lalang kendaraan yang padat di Jalan Margonda. Sebelum sampai teras, terlebih dahulu Anda akan melalui sebuah taman kecil dengan hiasan lampu temaram.

Bila Anda ingin makan besar di kafe yang berdiri sejak empat tahun lalu ini, cobalah memesan sop buntut bakar. ”Ini merupakan makanan favorit di sini,” ujar Erman, 55, pemilik kafe.

Sop buntut bakar ZOE disajikan secara terpisah. Sepiring nasi lengkap dengan potongan daging buntut bakar, lalapan (timun, selada, dan tomat), emping, sambal dan jeruk nipis akan menemani semangkuk kecil kuah sop.

Aroma bakar yang keluar dari daging yang berwarna hitam kecokelatan akan segera menggugah selera Anda. Karena terlebih dahulu di bakar, daging ini akan mengeluarkan minyak yang membuatnya terasa manis.

Dengan dipadukan bumbu yang telah diracik, perlahan namun pasti Anda akan merasakan potongan daging yang empuk namun tidak langsung hancur saat digigit. Untuk sensasi yang berbeda, Anda bisa mencampur daging dengan kuahnya.

Proses pembuatan sop buntut bakar ini terbilang sederhana. Daging buntut yang sebelumnya telah direbus kemudian dibakar lalu dioleskan bumbu. Bumbu inilah yang membuat rasanya menjadi gurih.

Harga satu porsi sop buntut bakar Rp35 ribu. Harga makanan lainnya berkisar antara Rp17 ribu-Rp55 ribu. Sebagai teman makannya, Anda bisa memesan minuman seperti jus, es cappuccino, coolin down ataupun jenis minuman lainnya yang berkisar antara Rp12 ribu-Rp18 ribu.

Selain itu ada juga jenis makanan penutup seperti chocolate truffle dan lainnya yang mempunyai harga berkisar Rp14 ribu-Rp20 ribu.

Karena kafe ini dipadukan dengan perpustakaan, bagi Anda yang gemar membaca buku bisa menyantap makanan sambil melihat salah satu koleksi buku di sana. Jika Anda bukan anggota perpustakaan, cukup meninggalkan kartu identitas untuk meminjam buku.

Letaknya yang strategis, dekat dengan dua kampus ternama juga membuat kafe ini merangkul kalangan mahasiswa. Selain keluarga dan pekerja, perpustakaan yang tersedia juga menjadi daya tarik bagi pelajar.

Dengan beragamnya jenis pengunjung, Kafe ZOE juga menyediakan menu makanan yang bersahabat terutama untuk mahasiswa dan pelajar. Makanan favorit mereka biasanya nasi goreng biasa dan nasi goreng kambing yang mempunyai harga Rp16.000 dan Rp21.500.

Kafe ZOE buka mulai pukul 10.00-23.00 WIB di hari biasa (Senin-Kamis) sedangkan akhir pekan tutup lebih malam hingga pukul 24.00 WIB. Fasilitas lain yang ditawarkan kafe ini adalah internet gratis.

Dengan kenyamanan serta makanan dan minuman yang mempunyai harga terjangkau, kafe ini nampaknya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sejenak melepas kepenatan saat melalui jalan Margonda di kala akhir pekan.

Sumber    : mediaindonesia
Lihat juga : marzano, loewy, table8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s