Herring Bisa disebut ‘The sushi of Holland’.

Masyarakat Belanda senang mengonsumsi ikan. Salah satu jenis ikan yang mereka konsumsi adalah herring (ikan haring) yang ditangkap dari Laut Utara.

Herring segar direndam dengan air garam, dibuang kepala dan tulangnya, lalu disajikan mentah. Karena dimakan mentah itulah herring bisa dibilang ‘The sushi of Holland’.

Cara memakannya adalah dengan mengangkat bagian ekornya dengan tangan, lalu memasukkannya ke mulut dengan kepala menengadah. Unik juga ya?

Dalam situs Vlaggetjesdag, disebutkan bahwa proses pembersihan isi perut ikan herring ada teknik tertentu: bagian pankreas ikan tidak dikeluarkan. Teknik itu ditemukan oleh Willem Beukelszoon pada tahun 1380. That pancreatic enzymes let the fish ripen.

Ikan haring pernah ‘terlibat’ dalam sejarah Belanda. Pada tahun 1572, dengan dikomandoi Philip IV, tentara Spanyol mengepung kota Leiden. Pengepungan yang berlangsung selama lima bulan (Mei-Oktober) membuat warga kota Leiden kelaparan. Namun, Raja William van Orange berhasil menumpas dan mengusir tentara Spanyol. Warga Leiden pun merayakannya dengan makan roti dengan herring.

Hingga saat ini, peristiwa bersejarah itu masih diperingati setiap tanggal 3 Oktober. Berbagai kegiatan diadakan pada tanggal itu. Salah satunya adalah makan roti dan herring bersama pukul 6 pagi di Kantor Balaikota. Pemerintah kota Leiden memang menyediakan roti dan herring mentah secara gratis untuk masyarakat.

Atraksi makan herring juga bisa disaksikan pada musin herring yang dimulai pada hari Sabtu di akhir bulan Mei. Hari itu disebut Vlaggerjesdag yang berarti Hari Bendera. Kapal-kapal dengan berbagai ukuran dihias dengan bendera Belanda di pelabuhan Scheveningen, dekat Den Haag. Masyarakat sekitar memakai pakaian tradisional dan menari-nari diiringi musik tradisional setempat. Acara tersebut kini menjadi daya tarik turis mancanegara.

Sebuah situs menyebutkan, ada tiga alasan mengapa Anda sebaiknya mencoba ikan herring:

1. Rasanya enak
2. Herring mengandung kadar omega 3 yang lebih tinggi dari salmon.
3. Seorang wanita Belanda yang pernah mencapai umur 115 mengatakan bahwa rahasia umur panjangnya adalah ‘tetap bernafas dan makan herring’.

So, kalau ke Belanda, jangan lupa mencicipi herring ya! =)

Sumber   : goorme
Lihat juga : laguna, sushi tei, tamani, loewy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s