Lezat Mencicipi Kepiting Asap

Makanan laut alias seafood sudah menjadi menu favorit bagi banyak orang. Hanya, tempat mengudap menu ini lebih banyak ditemui di pinggir jalan atau dekat pantai. Kalaupun ada yang menyajikan secara khusus, biasanya berbentuk restoran atau bangunan tersendiri.

Nah, ada kabar membahagiakan bagi Anda yang menyukai menu seafood, terutama kepiting, karena Anda tidak perlu jauh-jauh melabuhkan diri mencari tempat makan ke pinggir pantai. Bila Anda sering wira-wiri di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, ayunkan kaki ke Smoked Crabs Resto, yang terletak di lantai lima pusat belanja mewah ini.

Memasuki Smoked Crabs, kita mendapati desain interior yang dibuat seperti layaknya ruang makan yang lazim di tiap rumah. Ada yang menyebutnya aura rumahan. Didominasi merah, cokelat, dan krem, sang pemilik restoran percaya warna itu bisa memberikan aura nyaman seperti berada di rumah sendiri.
Menurut Lina Monica, pemilik tempat ini, mereka selalu menyajikan berbagai jenis seafood atau masakan berbahan dasar makanan laut. Selama satu setengah tahun, Lina tetap eksis di bidang makanan dengan menghadirkan gerai makanannya di Grand Indonesia sejak Oktober 2009.

“Saya prihatin, selama ini masakan laut sangat langka ditemui di mal-mal atau pusat belanja. Karena itu, saya mencoba mengobati luka hati dengan menghadirkan tempat ini,” kata Lina beberapa waktu. Di sini, yang paling digemari adalah menu kepiting asap.

Sajian yang didatangkan adalah kepiting dari Lampung dan Pontianak. Adapun cara memasak menu penggugah selera ini adalah kepiting yang masih hidup dilumuri bumbu Nusantara, seperti serai, lengkuas, dan kemiri, secara merata. Lalu kepiting itu diungkep dengan menggunakan aluminium foil.

Tahap berikutnya, kepiting yang sudah diungkep tersebut dibakar selama 20 menit di atas arang batok. Menurut Lina, yang membedakan kepiting asap ini dengan menu serupa di restoran lain adalah ia tidak menggunakan juhi atau cumi kering. “Kami tidak menggunakan juhi, hanya bermain pada bumbu rempah yang banyak agar tidak amis.”

Tak mengherankan jika tamu yang memesan menu ini selalu meminta tambahan bumbu rempah kepiting asapnya untuk makan di tempat atau dibawa pulang. Banyak yang bilang rasanya seperti bumbu serundeng, tapi bumbu pada menu ini memakai lengkuas muda berwarna merah muda yang diparut. Menyantap menu ini dengan nasi yang mengepul sungguh nendang di perut.

Menu unggulan lain adalah udang Mandarin, yang dimasak dengan perpaduan rasa manis madu dan gurih karena bumbu rempahnya. Menu lain yang disediakan adalah cumi bakar madu, seafood hot plate, pakis terasi, tumis buncis muda telur asin, dan genjer balacan.

Ketika mencicipi menu tumis buncis muda telur asin, buncis yang masih muda setengah matang terasa empuk berpadu dengan rasa gurih siraman telur asin yang tidak berbau amis.

“Untuk menu sayuran serba tumis, katanya sangat berasa di lidah cita rasa masakan lautnya,” ujar Lina, Ia menjelaskan, tempatnya juga menyediakan minuman kesehatan dan aneka jus berdasarkan golongan darah. “Mereka yang mencicipi menu serba laut biasanya terancam masalah kolesterol. Ada pilihan minuman di sini untuk menetralisasi.”

Mereka yang mengidap diabetes dan memiliki golongan darah O-A-B-AB dapat menikmati jus wortel, pir, serta apel malang. Biasanya kaum Hawa dengan golongan darah O-A-B-AB yang ingin melangsingkan tubuh dan mempercantik diri dapat menikmati jus slim & beauty, yang terdiri atas anggur, pepaya, nanas, dan lemon. Bagi wanita yang ingin selalu tampak sehat bugar bergolongan darah O-B-AB, dapat menyeruput jus anggur, nanas, dan pepaya.

Yang menderita radang tenggorokan dan bergolongan darah O-A-B-AB dapat menikmati jus apel, nanas, dan lemon atau cuka apel. Rata-rata harga minuman kesehatan dan aneka jus golongan darah ini Rp 20-22 ribu. “Saya membuat menu ini dengan uji coba yang ketat dari pengalaman bekerja di laboratorium dan pusat kesehatan, serta mencari informasi dari berbagai sumber, seperti Internet, majalah, dan buku,” Lina menambahkan.

Meski tempatnya di Grand Indonesia, harga masakan dan minuman di sini cukup terjangkau. Misalnya, harga kepiting asap Rp 90-175 ribu untuk tiap ekor, tergantung ukuran dan beratnya. Untuk menu lain, seperti sayuran, setiap porsi dibanderol mulai Rp 20 ribu.

Seorang pengunjung yang duduk di sudut ruangan tampak asik menikmati kepiting asap porsi besar. Berulang kali ia memanggil pelayan guna meminta mangkuk berisi air cuci tangan. Lantaran tempat ini dirancang minimalis modern, tak aneh jika ruang cuci tangan pun disediakan seadanya.

Alhasil, bila ingin mencuci tangan lebih bersih, Anda harus pergi ke toilet atau kamar mandi. Namun hal itu sangat menyita waktu–butuh waktu sekitar 10 menit–karena letak toilet sangat jauh di luar restoran. “Sepintas perkara ini terasa sepele. Tapi saya jadi terganggu saat asik menyantap hidangan. Makanya saya bolak-balik memanggil pelayan untuk minta mangkuk bersih buat cuci tangan,” kata lelaki tua pelanggan setia menu kepiting asap itu.
Sumber : tempointeraktif
laguna, sushi tei, table8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s