Dari Resep Sampai Pembuatan Pizza

JAKARTA – Setelah beberapa waktu lalu asal mula pizza sudah pernah dibahas (bertajuk Pizza, Makanan Kuno yang Terus Dinikmati), kali ini kita akan membahas resep dari pembuatan pizza. Untuk pertama kali yang harus kita siapkan adalah peralatan dan beberapa jenis bahan pembuat pizza.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah; 250 hingga 350 ml air (yang dibutuhkan adalah air yang hangat-hangat kuku), 1 sendok makan ragi kering, 550 gram tepung terigu, 1 sendok teh garam, ½ sendok teh lada hitam yang dihaluskan, 2 sendok teh madu yang bening (bukan yang terlalu coklat), dan 2 sendok makan extra virgin olive oil.

Cara membuatnya, masukan 150 ml air ke dalam mangkuk, dan taburkan ragi kedalamnya. Aduk-aduk hingga larut. Diamkan ditempat yang hangat selama 10 menit dan kemudian masukan tepung terigu, garam dan lada ke dalam sebuah mangkuk besar.

Campurkan madu dan olive oil kedalam larutan ragi sampai tercampur rata. Lalu buat lubang ditengah-tengah bahan-bahan kering. Masukan kedalamnya larutan ragi, lalu campur dan aduk-aduk sampai adonan menjadi lembut dan sedikit agak lengket.

Setelah itu, masukan air hangat (sisa air yang sudah disiapkan tadi) kedalamnya, sedikit demi sedikit, sampai tercampur dengan rata dan konsistensinya tepat.

Kemudian, pindahkan adonan tersebut ke permukaan yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket (apa saja, bisa di atas meja, bisa pada talenan, pada sebidang papan persegi empat, dll), lalu taburkan sedikit tepung di kedua tangan. Ulenin adonan selama 10 menit sampai halus.

Lapisi sebuah mangkuk besar dengan sedikit minyak (mangkuk harus cukup besar untuk memberi tempat adonan tersebut untuk megembang. Paling tidak, dua kali lipat dari ukuran sebelumnya). Letakan adonan di dalamnya dan tutup mangkuk dengan plastik atau clingwrap. Kemudian, diamkan ditempat yang hangat selama 1-2 jam.

Saat adonan sudah membesar dua kali dari ukuran semula, buka plastik penutup, lalu pukul-pukullah adonan tersebut tepat di ditengah-tengahnya hingga beberapa kali. Setelah itu, keluarkan adonan dari mangkuk dan diuleni lagi sampai halus. Bagi adonan menjadi 5 bulatan, dan diamkan selama beberapa waktu.

Untuk membentuk adonan, ambil satu bulatan adonan dan letakan di permukaan yang sudah diberi sedikit tepung. Pada bagian atas bulatan, juga diberi tepung. Tekan bulatan hingga menjadi agak gepeng dengan memakai jari.

Ambil adonan yg sudah gepeng tersebut, lalu dibanting ke permukaan yg sudah ditepungi tadi. Ulangi beberapa kali.

Genggam dengan tangan, lalu pinggirnya agak dipipihkan secara perlahan. Letakan adonan di atas loyang pizza yang sudah diberi tepung (atau bisa juga diatas kertas baking), beri saus tomat, dan topping sesuai selera.

Pada topping, Anda bisa berkreasi sesuai selera dengan menggunakan bahan-bahan seperti smoked beef, pepperoni, paprika, mushroom, sundried tomato, anchovy, telur, jalapeno chillies, udang, dan sebagainya.

Pada kejunya, bisa dipilih mozzarella cheese yang sudah siap pakai (tinggal ditabur), atau keju berbentuk blok, yang diparut dan kemudian ditaburkan pada bagian atas pizza, lalu dipanggang hingga topping ataupun keju meleleh dan ujung pizzanya sudah menjadi crispy.

Sebelumnya, saus tomat dapat dibuat dengan bahan pelengkap seperti; 2 sendok makan olive oil, 1 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus, 2 siung bawang putih yang dihancurkan, 1 lembar daun salam, 1 sendok teh bubuk oregano, 400g tomat kalengan (chopped), 2 sendok makan tomato purée, dan garam dapur serta lada hitam halus secukupnya.

Bahan-bahan tersebut, diblender (lebih baik kalau memakai food processor) hingga tercampur rata.

Namun apabila Anda ingin menikmati hidangan pizza yang siap disantap tanpa repot membuatnya, beberapa restoran pizza ini mungkin dapat dikunjungi .

Selain Pizza Hut, Izzi Pizza, Papa Ron’s, dan California Pizza yang biasanya mudah ditemui karena berada dimana-mana, tempat lain yang bisa dicoba menu pizzanya adalah Domino Pizza (Kemang, Sudirman, Tebet, Kelapa Gading), Pizza Marzano (Thamrin, Menteng, Senayan, Sudirman).

Pizza Boutique (Senopati, Thamrin), Avenue a Pizza (Pondok Indah, Cilandak), California Pizza Kitchen (Thamrin), Piccolino’s Pizza dan Spizza (Kemang), Pizza Bar dan Pizza e Birra (Thamrin).

Pizza King (Green Ville), Tiamo Pizza (Penjaringan, Sudirman, Senayan), Pizza Story (Lippo Karawaci), Trattoria Pizza (Senayan), serta Pastel & Pizza Rijsttafel (Bogor).

(jakartacitydirectory)
Lihat juga : Sandwich, burger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s