Berbagai pilihan Seafood yang Segar The Banten Resort

Banyak keluarga yang menghabiskan hari liburnya dengan berwisata ke resort di tepi pantai. Tentu saja kegiatan menyenangkan itu akan semakin lengkap apabila disertai dengan menikmati berbagai hidangan khas pinggir pantai.

Salah satu resor yang menarik untuk dikunjungi ialah resort di kawasan Pantai Anyer, Serang, Banten. Dari Jakarta, lokasi itu dapat ditempuh melalui jalan tol Jakarta- Merak dalam waktu 2,5 jam.

Salah satu resor yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga ialah The Banten Resort. Selain memiliki memiliki pasir pantai yang putih dan bersih, hidangan makanan yang disajikan di tempat itu pun cukup menggoda selera.
Ada beberapa menu hidangan laut yang tersedia di The Banten Resort, antara lain sup ikan tuna, lobster, bawal, ikan kue, cumi, udang, dan kerapu. Hidangan laut yang dimasak dengan bumbu khas itu menimbulkan cita rasa spesial.

Tidak percaya? Coba saja menu ikan kerapu bakar saus kecap. Ikan kerapu yang dibakar setengah kering dengan bagian kulitnya yang basah dilumuri saus rasanya sangat gurih hingga ke bagian daging.

Kenikmatan menyantap hidangan akan semakin lengkap jika ditambah dengan sajian nasi hangat dan sambal plus lalapan. Menikmati hidangan serbaikan yang paling pas memang di tepi pantai.

Sembari menyantap hidangan, pengunjung dapat melepaskan pandangan ke laut lepas dan merasakan semilir angin pantai nan sejuk. Makan siang ditemani tiupan angin pantai akan semakin terasa asyik dengan menyeruput minuman kelapa muda.

Tanpa campuran sirup dan hanya diberi potongan batu es, rasa air kelapa asli itu demikian segar, apalagi ditambah dengan daging kelapa muda. Ketika tiba waktu makan malam, suasana pantai semakin romantis.

Pengunjung dapat menikmati makanan yang disajikan di meja di sebuah panggung di tepi pantai sambil memandang kerlap-kerlip lampu kapal-kapal nelayan yang tengah melaut.

Untuk menemani suasana itu, ikan kue goreng dan sup kepala ikan merupakan hidangan yang terasa sangat pas. Jika telah puas mencicipi hidangan utama tersebut, acara makan malam dapat ditutup dengan minum kopi atau teh poci hangat serta cemilan kacang.

Apabila Anda bosan dengan menyantap hidangan hotel atau resor, bisa mencoba berbagai menu di beberapa restoran yang ada di sepanjang Jalan Raya Anyer tersebut.

Salah satu tempat yang cukup banyak dikunjungi adalah restoran khusus ikan yang menawarkan pengunjung untuk memilih sendiri ikan yang akan disantap. Baik ukuran maupun jenis ikannya, pengunjung bebas memilih.

Tersedia berbagai jenis ikan, seperti gurami, kue, baronang, ayam-ayam, kakap merah, kerapu, udang, cumicumi, aneka jenis kerang, dan kepiting. Harga ikan terbilang terjangkau, 5 ribu hingga 10 ribu rupiah per ons.

Sementara itu, harga hidangan yang telah diolah per porsinya sekitar 15 ribu rupiah. Harga itu sudah termasuk lalapan dan sambal.

Ada beberapa olahan masakan yang bisa dipilih pengunjung, di antaranya ikan bakar spesial, goreng, saus tiram, saus padang, saus mentega, rica-rica, asam manis, goreng tepung, dan rebus.

Tiga Sambal

Menu ikan bakar disajikan dengan tiga macam sambal, yaitu sambal kecap, sambal ricarica, dan sambal terasi. Kebanyakan pengunjung menyukai ikan bawal bakar dan gurami yang dimasak saus tiram atau saus padang.

Semua ikan didapatkan dari nelayan setempat. Banyak pula konsumen yang membeli ikan-ikan tersebut dalam keadaan mentah untuk dimasak di rumah. Selain ikan, ada tambahan menu lain, seperti tumis kangkung yang dimasak dengan tauco serta cah kailan. Semua menu dimasak mendadak sehingga kesegarannya masih terasa. Sembari menunggu masakan matang, pengunjung bisa memilih makanan pembuka yaitu otak-otak bakar atau pisang goreng.

Pada otak-otak bakar, daun pisang pembungkus yang gosong karena dibakar memunculkan aroma yang khas. Aroma itu semakin menambah sedap rasa otak-otak. Bagi penyuka kerang, tidak perlu khawatir dengan bau amisnya. Ketika dimakan kerang-kerang tersebut sama sekali tidak berbau. Hal itu dikarenakan pada saat perebusan kerang ditambahkan jahe yang sudah dimemarkan. Kerang yang disantap dengan bumbu kacang dicampur saus dan nanas, semakin menambah kelezatan rasa makanan.

Menu lain yang juga menggugah selera ialah kepiting jumbo dengan saus padang. Rasa kepiting itu betul-betul membuat orang berkeringat karena pedas, Ikan bakar spesial khas Anyer merupakan menu yang cukup unik. Kebanyakan ikan sudah dibalur bumbu, lalu dibungkus dengan daun pisang, dan kemudian dibakar sampai gosong. Aroma daun pisang yang khas melekat kuat pada bagian ikan tersebut. Apabila masih penasaran dengan hidangan laut, penikmat kuliner bisa memesan sup ikan wangi jeruk nipis.

Menu itu terdiri dari ikan laut berkuah dengan aroma yang sangat segar. Ada pula udang galah bakar dan cumi-cumi yang diolah dengan bumbu khas. Untuk cumi-cumi bakar karena jumlahnya terbatas, harganya pun terkadang lebih mahal dari menu hidangan laut lainnya.

Selain berbagai makanan serba- ikan, di daerah wisata Anyer banyak pula makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, salah satunya ialah emping melinjo. Konon emping dari daerah Anyer atau Banten memiliki rasa pahit yang kuat karena penanaman emping yang dibiarkan menjadi seperti tanaman hutan. Alhasil, kondisi buah melinjo itu sangat bagus. Bahkan, di daerah Ujung Kulon, masyarakat bisa menikmati emping asli dari hutan belantara. Pastinya semua hidangan yang di sajikan benar-benar maknyoosss…!
( Sadur : koran-jakarta)
nelayan restoran, laguna, sushi tei,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s