Kelihaian Mengolah hidangan yang tak Banyak Orang Mau Mencicipinya

Para penikmat kuliner eksotis akhir pekan berkumpul di wilayah pegunungan terpencil di Ozrem, Serbia. Mereka menjadi saksi kelihaian para juru masak mengolah hidangan yang tidak banyak orang mau mencicipi: aneka testis binatang.

Pada acara tahunan ‘Kejuaraan Dunia Memasak Testis’ yang ketujuh, Sabtu 28 Agustus 2010, para pengunjung bisa menikmati hidangan berbahan testis macam-macam hewan, ada yang berasal dari kerbau, babi hutan, burung onta, bahkan kanguru.

“Festival memasak ini tentang kesenangan, makanan, dan keberanian,” ujar Ljubomir Erovic, penyelenggara festival masak tersebut. Dia juga merupakan koki spesialis testis dari Serbia dan penulis buku resep masakan dari testis.

Testis, yang dalam bahasa halusnya di Serbia disebut dengan “ginjal putih” ini, diyakini kaya akan testosteron – yaitu zat yang dapat mendongkrak libido pria dan memuaskan perempuan. Itulah mengapa masakan dari bahan ini digemari kebanyakan oleh kaum Adam.

“Testis kerbau yang terbaik, apalagi digulai,” ujar pemenang tahun lalu, Zoltan Levai, sambil memanaskan wajan menggunakan kayu bakar, lalu mengisinya dengan sayuran dan testis besar yang didapatnya dari tempat jagal pemerintah.

Pada festival ini, testis disajikan menjadi beberapa jenis makanan, antara lain pizza topping tetis, dan testis dengan lumuran saus becamel dengan citarasa bermacam tanaman obat yang bisa ditemukan di Serbia. Para pengunjung memakannya ditemani dengan arak anggur dan bir sambil bersantai di pinggir sungai.

Diperdengarkan juga alunan musik rakyat untuk memeriahkan suasana lomba. Sebagai makanan sampingan, tersedia juga daging babi dan domba panggang.

“Saya datang tahun lalu, dan memutuskan untuk datang lagi tahun ini. Sangat lezat, ada moussaka (makanan khas Arab) dan gulai dari testis kuda jantan, babi hutan, kerbau dan banyak lagi,” ujar juri festival, Anna Wexler, seorang warga negara Israel yang tinggal di New York.

Pada festival tersebut juga diberikan penghargaan kepada orang yang mereka nilai “ballsy” (pemberani). Tahun ini penghargaan jatuh kepada orang yang tidak terduga, yaitu Presiden Amerika Serikat Barrack Obama.

“Dia adalah lelaki paling berani sedunia. Obama menguasai dunia pada saat situasi ekonomi dan politik sedang kacau. Dia menunjukkan bahwa dia mempunyai ‘balls’ (keberanian),” jelas Erovic.

Penghargaan lainnya jatuh kepada Chesley “Sully” Sullenberger, seorang pilot Amerika yang berhasil mendaratkan pesawat jetnya secara darurat ke sungai Hudson di New York dan menyelamatkan nyawa ke 155 penumpangnya. Dia mengambil tindakan tersebut dengan cepat dan berhasil menghindari pesawat mendarat darurat di lokasi padat penduduk.
(vivanews)
laguna, sushi tei, tamani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s