Festival ‘Alba Madonna’

Bulan Oktober dan November merupakan bulan jamur truffle. Jamur istimewa dari Eropa ini memiliki keunikan cita rasa dan aroma. Khusus di resto ini jamur truffle disajikan dalam menu Italia pilihan sang chef yang menggoyang lidah. Mau coba?

Bulan September hingga Desember merupakan musim jamur truffle. Jamur ini ada dua jenis, jamur truffle hitam dan putih. Kedua jamur ini merupakan jamur yang tumbuh di akar pohon besar sehingga tidak mudah dilacak keberadaannya. Karena itu untuk mencari jamur ini dipakai anjing pelacak. Sulit dan langkanya jamur ini membuat harganya menjadi mahal.

White Truffle merupakan jenis truffle yang populer di Alba, Italia. Jamur ini berbentuk menggumpal tak beraturan dan tumbuh di sela-sela akar pohon besar di kedalaman tanah. Pohon poplar, hazelnut, willow dan lime merupakan jenis pohon yang biasa ditumbuhi jamur truffle. Ukuran, aroma dan rasa jamur ini selalu jadi misteri karena tak bisa ditebak. Tergantung cuaca, jenis pohon, kelembapan tanah dan daerah tumbuhnya.

Ciri khas jamur white truffle adalah aromanya yang ‘earthy’, mirip tanah lembap, seperti bau akar atau keju tua. Karena langka dan uniknya jamur white truffle maka harganya sangat mahal dan dijual dengan sistem lelang di Eropa. Untuk mencicipi jamur ini Anda tak perlu pergi ke Alba, Italia. Kini jamur truffle bisa dinikmati berbagai resto di dunia.

Juga di Jakarta, Anda bisa mencicipi kelezatan jamur langka ini. ROSSO Restaurant&Lounge yang berlokasi di lantai 1, Hotel Shangri-La Jakarta, menggelar promo jamur truffle mulai 11 hingga 31 Oktober 2010. Tim juru masak Rosso pun sudah merancang menu Italia dari pembuka hingga penutup dengan jamur unik ini.

Bagi pencinta sayuran, bisa mencicipi sajian pembuka, Insalatina con funghi msiti di bosco con crostone di pane all’olio e tartufo bianco d’Alba. Jamur champignon ditumis, diracik dengan daun salad, tomat cherry plus irisan tipis white truffle. Salad yang disajikan di atas seiris french bread panggang ini makin enak saat diperciki truffle oil, minyak virgin olive yang direndami jamur truffle. Buat penggemar pasta, tersedia 3 pilihan pasta yang diracik dengan white truffle. Di antaranya, Taglierini all’uovo con salsa al burro d’alpeggio e salvia e tartufo bianco d’Alba. Pasta Taglierini yang kenyal gurih dilumuri saus truffle yang unik aromanya. Sedangkan untuk sajian utama, ada Filetto di Vitello alla griglia, indivia brasata, tortino di patate alle erbe e salsa emulsionata al tartufo bianco d’Alba. Fillet daging sapi muda yang disajikan dengan endive panggang dan saus truffle.

Sebagai sajian penutup, white trufflepun dipadukan dengan ice cream cokelat dan white chocolate mousse. Sensasi istimewa rasa lembut manis dan dingin dengan semerbak white truffle yang khas. Untuk penyajian, jamur truffle diserut tipis dengan serutan khusus. Per porsi makanan akan diberi 3 g white truffle. Jika ingin lebih, tiap 3 gram akan dikenakan tambahan US$ 5.

Jika penasaran ingin mencicipi si ‘berlian dapur’ ini, datang langsung aja…..!
* detikfood
marzano, pizza hut, tamani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s