Mashed Potatoes, si Lembut Pengelus Lidah

Kentang yang dipenyet-penyet sampai lembut ini tampangnya mirip bubur bayi. Tak menarik. Namun, jangan ditanya rasanya. Lembut, gurih dan mengelus lidah. Kentang ini biasa disandingkan dengan steak atau sajian BBQ. Apa ya rahasia kelembutannya? Dalam bahasa Perancis kentang lembek ini disebut Puree de Pommes de Terre. Sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari menu makanan Eropa. Penyajiannya juga tak hanya polos saja tetapi kadang ditambahkan keju, cincangan daging asap, cincangan peterseli, dan lain-lain.

Untuk membuat mashed potatoes yang enak yaitu teksturnya halus, lembek, dan rasanya gurih. Soal tekstur ini penting karena tidak jarang ditemui mashed poptatoes dengan tekstur seperti lem mulur dan lengket.

Umbi kentang yang tua dan bagus sangat baik untuk mashed potatoes. Kupas kentang lalu potong-potong ukuran sedang dengan ukuran yang hampir sama. Rebus atau kukus kentang hingga empuk. Jika akan dihaluskan dengan cara manual, langsung teken-tekan dengan sendok kayu atau ulegan hingga lumat dan halus benar. Usahakan tidak ada bagian keras yang tertinggal.

Untuk tiap 750 g kentang, tambahkan 75 g mentega leleh dan 150 ml susu atau krim segar. Aduk dengan kentang halus sampai rata. Tambahkan juga sedikit merica bubuk, pala bubuk dan garam. Aduk sampai tercampur rata.

Nah, kentang yang sudah halus ini tinggal disajikan. Kalau mau lebih enak bisa ditambahkan keju cheddar atau parmesan parut, cincangan daun peterseli atau cincangan daging asap.

Kentang lembek atau lumat ini biasa disajikan dengan aneka steak atau BBQ. Karena sebagai sumber karbohidrat tentu bisa jadi pengganti nasi. Kalau mau enak, mashed potatoes tinggal disiram brown sauce . Rasa gurih wangi kaldunya bakal bikin kentang lembek ini makin lembut enak mengelus lidah!

* jalanasik
marzano, pizza hut, sandwich

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s