Mitos dan Fakta Frozen Yogurt yang Menjadi Primadona

FROZEN yogurt memang terasa lebih sehat dibandingkan es krim. Inilah mengapa belakangan frozen yogurt atau froyo menjadi primadona, khususnya di Jakarta. Puluhan stand froyo berbeda bisa kita temukan dengan mudah. Produk yang ditawarkan pun tidak kurang menariknya, dengan berbagai campuran biskuit, permen, jelly, bahkan buah.
Bukan hanya lezat, frozen yogurt memang “menarik” dengan iming-iming rendah lemak dan rendah kalorinya. Lalu, apakah hal ini benar? Apakah kalori dan lemak dalam frozen yogurt benar-benar rendah? Berikut mitos dan fakta mengenai frozen yogurt.
Mitos: Frozen yogurt sangat rendah kalori.
Fakta: Salah. Satu cup froyo dengan berat sekitar 13 ons memuat sedikitnya 25-30 kalori per ons sehingga dalam satu takaran sajian ada sekitar 225-325 kalori. Memang, kebanyakan kalori ini adalah kalori berjenis karbohidrat dan akan diubah menjadi energi bagi pergerakan otot, bukannya disimpan menjadi lemak tubuh. Kalori ini juga jauh lebih bagus dibandingkan dengan kalori dari es krim.
Mitos: Karena rendah kalori, kita bisa mengkonsumsi froyo sebanyak-banyaknya.
Fakta: Salah. Porsi diet yang terkendali tetap menjadi kunci aman dalam mengkonsumsi froyo. Kita juga harus berhati-hati pada penyajian froyo dengan porsi berlebihan saat kita sedang mencoba berdiet. Variasi topping yang kita gunakan dalam froyo seperti almond, cokelat praline, saus cokelat, kacang, atau bahkan saus vanilla memuat 200-280 kalori per delapan ons–dan ini tidak bisa disebut sebagai “rendah kalori.”
Mitos: Dari segi nutrisi, froyo memiliki kandungan yang mirip dengan non-frozen yogurt.
Fakta: Salah. Untuk takaran yang sama, kebanyakan frozen yogurt mengandung hanya setengah jumlah kalsium non-fozen yogurt. Sebagai contoh, frozen yogurt rendah lemak Columbo mengandung 20% kalsium (satuan harian diet) per delapan ons sajian. Untuk takaran sajian yang sama, non-frozen lemon yogurt mengandung 40% kalsium. Begitu pula untuk ukuran protein dalm setiap takaran sajian.
Mitos: Dibandingkan es krim, frozen yogurt lebih baik untuk kesehatan.
Fakta: Benar. Jika dibandingkan dengan es krim biasa, frozen yogurt mengandung lemak yang lebih rendah untuk takaran sajian yang sama dengan es krim–bahkan bisa mencapai 1/18-nya. Kita mungkin tidak akan segera merasakan perbedaan ini, tetapi pembuluh-pembuluh darah kita yang kecil dan menerima asupan gula sebanyak ini setiap hari akan sangat merasakan perbedaannya.
* OpenRice.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s