3 Cara Sederhana Mengontrol Gula Darah

Jakarta – Kadar gula darah merambat naik? Jangan panik! Tanpa obat-obatan ternyata Anda bisa mengontrol kadar gula darah dengan baik. Cukup dengan cara sederhana. Cermat memilih bahan makanan dan minuman. Bagaimana caranya?
Sudah menjadi rahasia umum, kadar gula darah yang naik bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang terkontrol. Kadar gula darah tinggi karena tubuh kekurangan insulin yang berperan mengatur gula darah. Bisa karena tubuh tidak bisa memproduksi atau memproduksi dalam jumlah sedikit.
Rasa lapar dipicu oleh gula darah.Jika gula darah stabil maka pola makan juga ikut stabil. Tetapi jika Anda tidak makan selama berjam-jam maka akan terasa lapar sekali dan ingin segera makan makanan berat.
Menurut Valerie Berkowitz, MS, RD, direktur nutrisi di Centre for Balanced Health di New York City seperti yang dikutip Men’s Health: “Gula darah akan turun jika Anda tidak makan dalam waktu 4 jam.” Karena itu biasanya Anda akan mencari makanan berat untuk menumpas rasa lapar tersebut.
Masalahnya, gula darah yang naik dengan cepat akan membuat pankreas melepas banyak insulin. Insulin adalah hormaon yang tidak hanya menurunkan gula darah tetapi juga memberi signal untuk menimbun lemak.
Cara paling efektif menjaga gula darah agar tetap seimbang adalah dengan menghindari makanan yang mengandung soda atau tambahan gula, jus buah dan makanan yang dipanggang. Anda tak perlu cemas, sebab bisa diganti dengan makanan yang mengandung serat dan vitamin, seperti pasta, nasi, kentang, roti, atau makanan mengandung tepung.
Selain enak makanan tersebut memberi asupan vitamin dan serat. Perlu diingat Anda hanya perlu 30-40g karbohidrat saat sarapan, makan siang dan makan malam dan 10 – 20 g karbohidrat untuk camilan.
Bagaimana cara mengontrol gula darah? Cobalah tiga cara sederhana ini:
1.Makanlah teratur setiap 3 jam. Makan dengan porsi kecil akan membuat Anda makan tanpa menunggu lapar.
2.Makanlah protein dan lemak (daging, keju, kacang, atau telur mengandung keduanya) pada setiap kali makan. Hal ini memperlambat pencernaan karbohidrat, yang membantu mencegah lonjakan kadar gula darah.
3.Konsumsi ‘whole grain’. Cermatlah dalam mengkonsumsi karbohidrat. Pastikan roti, cake dan biskuit yang Anda beli merupakan 100% whole grain. Karena ‘whole grain’ mengandung serat, yang bisa menurunkan kadar gula darah.
* detikfood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s