Bitterballen, Bola-Bola Daging

Jakarta – Camilan asal negeri kincir angin ini memang cukup sering dijumpai. Umumnya berisi daging sapi cincang yang dicampur dengan potongan parsley. Tidak hanya enak dijadikan camilan, tapi juga enak untuk lauk saat makan.
Kalau melihat camilan ini, biasanya yang terlintas di kepala adalah ‘bola-bola daging’. Mungkin karena bentuknya yang bulat seperti bola dan juga bahan yang digunakan berasal dari daging sapi. Bitterballen namanya, camilan asal negeri Belanda ini sangat enak apalagi disantap hangat-hangat.
Cincangan daging sapi dicampur dengan sedikit tepung terigu, cincangan parsley, garam, merica, dan bubuk pala. Adonan tersebut kemudian dibentuk bulat-bulat menyerupai bola berdiameter kurang lebih 3 cm. Adonan yang sudah dibentuk kemudian digulingkan di dalam telur yang sudah dikocok, dan juga tepung roti.
Sehingga saat digoreng, bola-bola daging ini menghasilkan tekstur yang garing dan renyah. Bitterballen ini biasanya disajikan sebagai camilan sore. Disantap dengan cocolan saus sambal, saus tomat, atau juga mustard. Camilan ringan ini sangat terkenal di Belanda, Belgia, dan Suriname, tak terkecuali di Indonesia.
Kalau sedang berkunjung ke resto-resto Belanda, dengan mudah Anda akan menemukan bitterballen ini. Disajikan sebagai menu pembuka yang renyah enak. Bitterballen juga sangat terkenal di Skotlandia, hanya saja namanya Stovie Balls. Banyak sekali disajikan di club-club sebagai teman menonton pertandingan sepak bola.
*detikfood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s