Blue Cheese

Jakarta – Siapa yang bisa menolak keju? Makanan olahan dari susu ini cukup banyak sekali penggemarnya. Tapi kalau keju yang satu ini, apakah Anda pernah mencicipinya? Aromanya yang menyengat dan warnanya yang kebiruan kadang dianggap sebelah mata. Padahal keju ini cukup tinggi harganya!
Blue Cheese atau ada juga yang menyebutnya dengan Bleu Cheese tidak ubahnya seperti keju kebanyakan. Tapi blue cheese ini memiliki keunikan tidak hanya dari aroma tapi juga dari penampilannya. Aroma blue cheese sangat menyengat dan di permukaannya terlihat warna biru kehijauan karena berjamur.
Warna hijau kebiruan ini berasal dari jamur yang biasa dicampur saat proses pembuatan keju ini. Ada beberapa jenis bakteri atau jamur yang dipakai untuk membuat keju tertentu. Blue cheese (di Prancis disebut Roquefort), dibuat dari susu domba dan dilumuri bakteri Penicilium roqueforti. Jenis blue cheese lainnya adalah Gorgonzola dan Stilton.
Rasa dari blue cheese cenderung lebih tajam dan sedikit lebih asin. Aroma menyengat yang keluar dari keju ini berasal dari bakteri yang dimasukkan ke dalam proses pembuatan kejunya. Dan biasanya setiap bakteri akan menghasilkan aroma blue cheese yang berbeda.
Meskipun aromanya tajam mirip ‘lap busuk’ tetapi teksturnya lembut membuat keju ini enak dimakan dengan crackers, dibuat saus atau isian sandwich. Mau coba?
*detikfood
Lihat juga : marzano, pizza hut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s