Proses Pengolahan Kopi Menjadi Bahan Bakar Mobil

Masih juga belum lama temuan dari peneliti di Universitas Warwick, Conventry, Midland Barat, Inggris yang berhasil memproduksi bahan bakar dari cokelat untuk mobil balap, sudah muncul hasil penelitian yang menggunakan biji kopi sebagai bahan bakar.
Para peneliti berasal dari tim BBC1 yang mempunyai program ilmu pengetahuan yang disebut Bang Goes The Theory. Mereka menggunakan VW Scirocco 1998 sebagai obyek penelitian dan sedan asal pabrikan Jerman itu diganti namanya menjadi Car-pucciono.
Nick Watson, selaku produser Bang Goes The Theory mengatakan, “Kopi, kayu, atau batu bara semuanya memiliki kandungan karbon yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Untuk kopi, kondisinya dalam keadaan sangat kering sehingga memungkinkan udara bergerak di sekeliling biji saat proses pembakaran berlangsung,” ujarnya seperti dikutip situs autoevolution.com.
Watson menambahkan, proses pembakaran (gasification) ini juga bisa menggunakan bahan bakar lain seperti, potongan kayu, kulit kacang walnut, puing-puing bangunan atau limbah perkebunan lain.
Dipanaskan 700 derajat
Bagaimana proses kerjanya? Para tim menyulap ruang bagasi untuk menempatkan dua tabung plus rangkaian pipa-pipa. Tabung paling besar (sebelah kanan) sebagai gas cylinder. Biji kopi dimasukkan ke dalam tabung dan dipanaskan sampai 700 derajat celcius. Trus, kopi akan terpisah ke dalam hidrogen dan karbon monoksida.
Kemudian hasil pembakaran tadi dialirkan ke pipa-pipa berbentuk radiator yang berrada di atas mobil. Tujuannya untuk didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam tabung kedua (sebelah kiri). Di dalam tabung itu terdapat dua filter, yang satu sebagai cyclone filter dan satunya lagi sebagai insulator menghambat panas yang mau masuk ke mesin.
Ke luar dari tabung kedua ini, bahan bakar yang sudah bersih disalurkan ke mesin. Jalurnya cukup panjang melalui tabung dari belakang (bagasi) sampai ke depan, rancangannya mirip snorkel.
Untuk membuktikan mobil ini berfungsi dengan baik, para peneliti akan berkendara sepanjang 210 kilometer dari Manchester ke London. Mobil ajaib ini juga akan dipamerkan dalam ajang Big Bang Science Fair di Kota Manchester dengan misi membuktikan ada bahan bakar lain selain bensin yang bisa menjadi sumber tenaga.
Sayangnya, dengan bahan bakar kopi sebagai sumber tenaga biaya operasional Car-pucciono lebih mahal 25 hingga 50 kali daripada mobil umum yang mengonsumsi bensin atau diasel.
* metrogaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s