Serba Serbi Makanan Khas Prancis

Setiap negara pasti memiliki kekhasan yang dapat membuat negaranya berbeda dengan negara lain. Begitu pun halnya dengan negara Prancis. Negara ini banyak sekali menawarkan kekhasannya pada masyarakat dunia.
Mulai dari tempat wisata hingga makanan khas. Wisatawan yang berkunjung ke negara Prancis akan dimanjakan dengan berbagai citarasa makanan khas Prancis.
Makanan Prancis mempunyai bahan dasar dan citarasa unik yang menggiurkan, dan hal itu nampaknya akan membuat wisatawan yang berkunjung ke Negara Prancis tergoda untuk mencobanya. Jenis-jenis makanan khas dari Prancis tersebut sebagian besar terbuat dari daging-dagingan.
Foie Gras misalnya, makanan ini terbuat dari hati angsa. Di Chicago makanan ini dilarang beredar, mereka beranggapan bahwa hal yang tidak ‘manusiawi’ telah terjadi pada angsa-angsa tersebut.
Hewan unggas itu selama beberapa minggu dijejali dengan berbagai biji-bijian dengan jumlah yang sangat banyak, melebihi banyaknya biji yang dimakan angsa tersebut seumur hidupnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hati angsa yang ukurannya 8 kali lebih besar dari hati angsa-angsa biasa.
Makanan Prancis lain yang tidak kalah terkenal adalah Filet Mignon. Tidak seperti Foie Gras yang menggunakan hati angsa dalam bahan utama masakannya, Filet Mignon menggunakan daging porc atau daging babi yang dilimuri dengan moutarde, yaitu sejenis bumbu dapur khas Prancis yang kemudian dimasak dengan cara seperti memasak rendang.
Makanan ini cocok dihidangkan bersama kentang rebus atau pasta. Makanan berbahan daging lainnya yang masih khas dari Prancis adalah Chavelen yang terbuat dari daging kuda, Monsieur de Veau yang terbuat dari daging lembu muda, dan ada juga makanan Prancis yang bahan utamanya menggunakan keong, yaitu Escargot de France.
Masing-masing masakan tersebut menggunakan bumbu-bumbu khas Prancis dalam proses memasaknya. Selain makanan yang berbahan dasar daging, rupanya Prancis juga masih banyak memiliki makanan khas lainnya, seperti cake, roti-rotian dan coklat.
Prancis mempunyai cheesecake, sama seperti kebanyakan negara lain. Yang membuat cheesecake Prancis berbeda dengan cheesecake negara lain adalah keju yang digunakan. Keju yang digunakan dalam pembuatan cheesecake khas Prancis adalah keju Neufchâtel.
Roti-rotian dari Prancis juga sepertinya tidak kalah menggiurkan, seperti Brioche, yaitu roti sejenis cup cake dengan taburan gula di atas permukaannya, Baguette si roti panjang yang renyah dengan tekstur lembut di dalam, juga Ray Bread, yaitu roti berbahan dasar gandum yang memerlukan zat pengasam dalam proses pembuatannya.
Bagi masyarakat yang tidak terlalu menyukai makanan Prancis yang bersifat mengenyangkan, ada beberapa alternatif makanan khas Prancis lainnya, seperti coklat.
Coklat khas Prancis ada tiga jenis, yaitu cokelat putih (chocolat putih), cokelat hitam (chocolat noir), dan cokelat susu (chocolat au lait). Masing-masing cokelat tentulah menawarkan citarasa yang juga berbeda.
* anneahira
Lihat juga : table8, sushi tei, burger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s