Hidangan dengan Sayur Organik – Cafe Batujimbar

Jakarta – Tempat ini sudah pindah dari lokasi semula di seberang jalan. Sebuah restoran lama yang masih tetap populer hingga saat ini. Di kalangan mereka yang peduli makanan sehat, Cafe Batujimbar dikenal sebagai restoran yang menawarkan sayuran organik.

Sudah 20 tahun lebih saya melanggani BJ (bee jay, begitu nama akrab kafe ini di kalangan penggemarnya), sejak di tempatnya yang lama. Dulu, Keramik Jenggala juga berlokasi di dekat situ, sebelum pindah ke tempatnya yang lebih besar di Jimbaran sekarang. Pemiliknya yang cantik, Ade Wawo-Runtu, kadang-kadang ada di sana untuk menyapa para tamu.

Yang saya sukai dari BJ adalah tawaran menu-nya yang memberi pilihan kuliner lokal maupun internasional. Untuk sarapan, misalnya, pilihan lokalnya antara lain adalah: bubur ayam, bubur manado (tiap hari Minggu), nasi uduk (tiap Sabtu), dan lontong sayur. Kualitas masakannya pun konsisten dan selalu dapat diandalkan.

Untuk makan siang, dari dulu hampir selalu saya memesan Lontong Komplet BJ. Soalnya, “hidangan pinggir jalan” ini ternyata hadir autentik di BJ. Sekalipun tampil resik, tetapi ciri-ciri bumbu yang tampaknya sengaja tidak diulek halus membuatnya mirip home cooking ataupun makanan kaki lima. Rasa trasinya pun dimunculkan cukup ndeso.

Bila sedang ingin makan ringan, BJ Salad merupakan pilihan tepat. Sayur organiknya selalu tampil fresh. Arugula, grilled eggplant, broccoli, cherry tomatoes, sweet corn, wortel, ketimun, buncis diselimuti saus kental honey mustard. Duh, top markotop! Crunchy dan semriwing.

Daftar menu-nya tidak terlalu elaborate, mewakili boga Nusantara, Bali, Asia, dan Continental – sehingga tamu tidak perlu mengernyitkan dahi terlalu lama untuk memilih hidangan yang akan dipesan.

Tempatnya yang cozy membuat Cafe Batujimbar tempat yang tepat round-the-clock. Kapan pun Anda ingini, selalu ada alasan untuk singgah ke BJ. Breakfast, morning coffee, lunch, high tea, dinner, late supper – you name it! Jenis sajian BJ pun sangat mendukung untuk segala macam kebutuhan.

Pastries dan desserts dari BJ juga boleh diacungi jempol. Bila sedang musim mangga, jangan pernah lewatkan mango pie-nya. Bila cuaca panas, minta tambahkan satu scoop es krim vanila. Mango pie a la mode yang pasti membuat Anda termimpi-mimpi. (Bondan Winarno)

Cafe Batujimbar
Jl. Danau Tamblingan 75A
Sanur, Bali


* detikfood
Lihat juga : marzano, pizza hut, sandwich

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s