Bagaimana Cara Aman Membakar Makanan Bagi Kesehatan

Cara memasak dengan dibakar kabarnya bisa menyebabkan kanker, namun masih ada cara untuk membuatnya aman!

Tidak bisa disangkal, segala menu yang dibakar memberi kenikmatan rasa tersendiri. Paduan rasa gurih dengan tekstur yang kering dan juicy tidak bisa digantikan dengan cara memasak yang lain. Namun penemuan baru-baru ini menyatakan membakar daging merah menyebabkan terbentuknya senyawa karsinogenik si penyebab kanker. Lemak yang menetes dan terbakar pada bara arang juga menyebabkan timbulnya senyawa karsinogenik yang lain.

Seiring dengan berkembangnya penelitian, para ahli tidak melarang aksi bakar-bakar daging, melainkan menyarankan bagaimana membakar yang aman. Berikut adalah tips-tips yang diberikan.

1. Buat daging setengah matang

Agar tidak terlalu lama terekspos bara api, matangkan dulu daging yang akan dibakar. Proses ini tidak hanya aman dari kanker, namun juga aman dari bakteri Salmonella yang biasa hinggap pada daging yang mentah atau kurang matang.

2. Bersihkan lemak dari daging sebelum dibakar

Lemak diyakini membuat masakan bakaran menjadi semakin lezat karena rasa gurihnya. Namun hasil penelitian menunjukkan lemak yang bereaksi dengan arang dan terbakar, uap yang mengandung senyawa karsinogenik tersebut bisa melekat di daging bakaran Anda.

3. Potong kecil dan tipis

Potongan daging yang lebih tipis dan lebih kecil membuat daging cepat matang saat dibakar. Menurut para ahli ini, durasi pembakaran yang singkat bisa meminimalkan risiko terbentuknya senyawa karsinogenik.

4. Balik daging agak sering

Sering membalik daging membuatnya cepat matang, selain itu ekspos panas yang lama di satu sisi daging akan meningkatkan risiko terbentuknya senyawa berbahaya tersebut. Sedangkan jika Anda sering membaliknya, maka durasi pembakaran tiap sisi menjadi lebih pendek.

5. Rendam daging dalam bumbu

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa perendaman daging selama minimal 40 menit dalam bumbu rendaman yang bersifat asam, dapat menghambat pembentukan senyawa karsinogenik. Bumbu rendaman asam ini bisa berupa jus anggur, cuka, wine, air jeruk dan juga tomat. Mudah bukan?



* woman.kapanlagi
Lihat juga : table8, sushi tei, burger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s